Ticker

6/recent/ticker-posts

Gejala Kanker Payudara yang Patut Anda Waspadai

Tahukah Anda? Kanker payudara ternyata menjadi salah satu kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Atas alasan inilah, banyak para perempuan yang melakukan pemeriksaan rutin demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mengetahui gejala yang dirasakan sejak dini juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan.

Tak hanya itu, melengkapi diri dengan asuransi kanker payudara dari FWD Insurance juga merupakan langkah antisipasi yang tepat karena FWD insurance sudah berizin dan diawasi OJK. Terlebih asuransi kanker seperti FWD Cancer Protection yang bisa memberikan perlindungan hingga tertanggung berusia 70 tahun serta mendapat 100% uang pertanggungan sejak tahap awal diagnosa kanker. 

Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara menempati urutan pertama penyumbang kematian terbesar menurut data Kementerian Kesehatan RI. Perlu Anda ketahui, bahwa gejala kanker ini sering diabaikan oleh wanita.

Meskipun gejalanya benar-benar terasa ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut, namun sangat penting untuk menyadarinya sejak dini. Nah, berikut ini ada beberapa ciri dari kanker payudara yang perlu Anda ketahui berdasarkan situs Hello Sehat, situs Halodoc, dan situs Kompas: 

1. Adanya Benjolan pada Payudara

Salah satu ciri dari kanker payudara yang paling mudah Anda kenali adalah munculnya benjolan pada jaringan payudara.

Jaringan payudara ini adalah yang membentang dari area payudara hingga ke bagian bawah lengan. Sebab, benjolan ini bisa saja muncul pada area dada atau ketiak, tidak hanya pada payudaranya.

Nah, kelenjar getah bening yang ada pada bagian bawah lengan ini bisa bertindak sebagai saluran penyebaran sel kanker ke organ lainnya.

Jadi, sebenarnya benjolan khusus pada gejala kanker payudara ini bisa langsung dirasakan setelah ditemukan. Secara spesifiknya, berikut ini adalah karakteristik dari benjolan kanker payudara tersebut.

● Tekstur pada permukaan benjolannya tidak merata. Jadi, benjolannya cenderung lunak, namun agak keras.

● Benjolan ini terlihat melekat pada pada area payudara, dan tidak bisa digeser.

● Jumlah benjolannya biasanya hanya muncul satu.

● Benjolan ini biasanya juga tidak terasa sakit apabila ditekan. 

2. Keluar Cairan dari Puting

Ciri lain dari penyakit kanker payudara berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah keluarnya cairan dari puting. Ini merupakan tahap awal dari penyakit kanker payudara. Cairan ini bisa encer dan kental. Untuk warna cairannya juga bervariasi, mulai dari bening, keruh, hingga hijau dan kemerahan.

Namun, kondisi ini bisa saja terjadi karena adanya infeksi pada payudara. Selain itu, efek dari pil KB, hingga adanya penyakit tiroid juga bisa mempengaruhi keluarnya cairan pada puting. 

3. Perubahan pada Kulit Payudara

Gejala kanker payudara selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah adanya perubahan pada tekstur kulit payudara. Kondisi ini biasanya terjadi pada stadium awal maupun lanjut.

Sel kanker ini bisa menyerang sel-sel kulit, sehingga menyebabkan peradangan dan penebalan pada area payudara. Sayangnya, kondisi ini sering disalah artikan sebagai infeksi kulit biasa.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa kulit payudara bisa mirip dengan tekstur kulit jeruk. Hal ini terjadi karena pembuluh getah bening yang ada pada bagian bawah kulit tertarik hingga menyebabkan kerutan.

Selain itu, tanda kemerahan berkepanjangan pada payudara juga bisa terjadi pada beberapa jenis kanker payudara. Jika Anda merasakan gejala tersebut, maka segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah hal tersebut ada kaitannya dengan kanker payudara atau hanya infeksi kulit biasa. 

Segera Periksakan Jika Merasakan Gejala Kanker Payudara!

Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Apabila Anda merasakan salah satu gejala tersebut, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Posting Komentar

0 Komentar