Ticker

6/recent/ticker-posts

Apakah Hujan Mempengaruhi Sinyal Wifi? Bagaimana Solusinya?


Pexels

Penggunaan internet yang makin masif untuk kebutuhan komunikasi dan memperoleh informasi membuat kebutuhan akan wifi juga semakin banyak. Apalagi, di era bisnis seperti sekarang wifi saja tidak cukup, terutama dalam skala perusahaan besar perlu juga data center Indonesia yang berkualitas untuk mendukung komunikasi interaksi antar kantor cabang agar komunikasi menjadi lebih efisien, stabil dan aman.

Namun, seringkali hal-hal eksternal yang mengganggu seperti hujan juga bisa mempengaruhi kecepatan sinyal, loh. Jadi, apakah benar hujan mempengaruhi sinyal menjadi lebih lemot? Yuk, simak ulasan di bawah ini! 

Apakah Hujan Mempengaruhi Sinyal Wifi?

Kondisi internet yang lambat memang cukup menjengkelkan, terutama ketika kegiatan Anda benar-benar mengandalkan akses internet. Kondisi ini biasa terjadi pada saat kondisi cuaca buruk terutama hujan. Berikut adalah penjelasan mengapa hujan bisa mempengaruhi sinyal wifi Anda: 

1. Sinyal Melemah Ketika Cuaca Buruk

Pada dasarnya, sistem internet terbagi dua, menggunakan kabel dan menggunakan satelit. Ketika cuaca buruk, layanan internet yang menggunakan satelit cenderung akan mengalami penurunan kualitas. Karena sistem satelit akan memanfaatkan sinyal yang ditransmisikan pada udara terbuka.

Ketika hujan atau cuaca buruk, maka sinyal ini juga kan ikut terhambat. Perlu Anda ketahui bahwa partikel air di udara bisa melemahkan atau membelokan sinyal. Hal inilah yang membuktikan hujan mampu mempengaruhi sinyal wifi. 

2. Kerusakan Infrastruktur

Jika sistem internet yang menggunakan satelit terganggu saat hujan, apakah sistem internet dengan kabel akan lebih aman? Maka jawabannya juga belum tentu. Masalah pada sistem kabel juga akan terpengaruh ketika kondisi hujan, terutama ketika area sekitar kabel tergenang air hujan.

Air yang tergenang ini akan merusak infrastruktur internet kabel itu sendiri. Seperti yang Anda tahu, pemasangan kabel internet ini dilakukan di bawah tanah. Ketika ada genangan, maka sangat mungkin air tersebut masuk ke dalam kabel atau konektor.

Kondisi itulah yang menyebabkan kualitas internet akan berkurang. Bahkan, kondisi ini juga masih bisa dirasakan selepas hujan. Karena bila belum benar-benar kering, maka kelembaban juga bisa mempengaruhi kualitas dari internet dan sinyal wifi.

3. Akses Overload

Koneksi internet menjadi lambat bisa saja terjadi karena akses yang overload. Sudah dijelaskan sebelumnya jika hujan turun, maka akan terjadi banyak pelemahan pada infrastruktur.

Meski demikian, jumlah pengguna wifi atau internet tetap banyak, bahkan proses sebelumnya yang terganggu akibat sinyal masih loading. Akhirnya, Anda harus antri dan berebut dengan pengguna lain dengan kondisi internet yang buruk. Ini juga menjadi alasan mengapa saat hujan koneksi wifi atau internet akan memburuk. 

Bagaimana Solusi Agar Internet Tetap Cepat Ketika Hujan?

Berdasarkan penjelasan di atas yang telah menjawab pertanyaan apakah hujan mempengaruhi sinyal wifi? Memang hujan dan kondisi sinyal buruk akan sangat berpengaruh. Cara mengatasinya, Anda bisa memilih provider internet dengan kualitas yang cukup baik.

Pilih juga internet dengan basis kabel. Alasannya, provider berkualitas biasanya menggunakan jenis kabel tahan air untuk transmisi sinyalnya. Sehingga, membuat kondisi genangan air tidak terlalu berpengaruh pada sinyal wifi dan kualitas internet.

Posting Komentar

0 Komentar