Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Anda Waspadai: Jangan Lengah!

gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai

Menjaga kesehatan dengan cara mengikuti pola hidup sehat adalah salah satu kebiasaan yang harus Anda pertahankan. Selain itu, tidak ada salahnya memiliki asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga sebagai perlindungan backup.

Untuk case asuransi ini, Anda perlu tahu berapa biaya premi asuransi kesehatan keluarga terbaik untuk mendapatkan manfaat atau perlindungan maksimal terutama bagi Anda yang memiliki history keluarga dengan penyakit jantung.

Dengan adanya asuransi kesehatan keluarga, Anda akan sangat terbantu karena adanya perlindungan finansial pada saat perawatan penyakit jantung. Nah, agar bisa terus waspada ada baiknya Anda mengenali gejala umum penyakit jantung seperti di bawah ini:

Gejala Umum Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung atau kardiovaskular ada banyak macamnya dalam ilmu medis. Kendati demikian, ada 3 gejala umum yang bisa Anda jadikan patokan dan harus Anda waspadai bila merasakannya, seperti berikut ini:

Nyeri Dada

Nyeri di dada bisa dirasakan oleh semua orang. Namun, Anda harus tahu apa yang membedakan apabila nyeri ini termasuk gejala atau tidak. Nyeri dada yang termasuk gejala penyakit jantung akan terjadi berulang-ulang dengan sensasi sama, nyeri bisa bertahan 5 hingga 10 menit dan nyeri menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Gejala yang paling sering dirasakan oleh berbagai pasien penyakit ini adalah nyeri yang terasa seperti dada diremas atau seakan ditimpa beban berat. Lebih parahnya lagi, kebanyakan wanita yang merasakan gejala ini akan merasa mati rasa atau rasa terbakar di dada. Gejala ini bisa jadi tanda penyakit jantung koroner.

Detak Jantung Tidak Beraturan

Merasa detak jantung tidak beraturan adalah perasaan yang normal, namun ada perbedaan yang mencolok apabila ia adalah gejala penyakit aritmia. Aritmia adalah penyakit dimana detak jantung tidak beraturan. Biasanya pasien dengan penyakit ini akan merasakan detak jantung berhenti, lalu berdetak kembali dengan kencang.

Apabila gejala ini memang mengarah ke penyakit jantung, maka Anda akan merasa gejala lain. Misalnya, nyeri di dada, kepala pusing, sesak napas, dan tubuh yang merasa lemas.

Sesak Napas

Tanda yang terakhir adalah sesak napas, keadaan ini paling sering dokter temui sebagai tanda awal yang mengarah ke penyakit jantung. Sesak napas terjadi akibat fungsi organ jantung yang kurang maksimal, sehingga tidak bisa mengirim darah ke otak. Oleh sebab itu, otak akan kehilangan fungsi dan berakhir merasakan sesak.

Beberapa penyakit jantung yang memiliki tanda seperti ini, antara lain gagal jantung, penyakit katup jantung, dan penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu, gejala satu ini tidak boleh Anda remehkan dan lebih baik untuk segera dokter tangani agar tidak menjadi lebih parah.

Kenali Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini!

Setiap penyakit pasti memiliki gejala yang berbeda-beda. Begitu pula dengan penyakit jantung. Namun, jangan khawatir! Meskipun berbahaya, Anda bisa mencegahnya apabila tahu apa saja gejala-gejala yang mengarah ke penyakit tersebut.

Apabila sudah merasakan gejala, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan lebih cepat. Tetap jaga kesehatan, agar terhindar dari penyakit mematikan ini!

Posting Komentar

0 Komentar